Peluang Usaha

Peluang Usaha
Bisnis Beras Organik Indonesia Peluang Usaha Nomer Satu

bisnis beras

bisnis beras
bisnis beras

Thursday, September 20, 2007

Pupuk Organik Mampu Tingkatkan Panen Padi

Pupuk Organik Mampu Tingkatkan Panen Padi



Banten, Kompas - Panen padi perdana dengan uji coba teknologi water stimulating feed atau WSF, Senin (17/4) di Desa Panyirapan, Serang, Banten, mulai memperlihatkan hasilnya. Penggunaan pupuk cair WSF itu mampu meningkatkan hasil produksi dari 6 ton menjadi 10 ton gabah per hektar.

Sentuhan pupuk organik dari bahan baku jagung ini juga dapat mengurangi penggunaan pupuk urea sekitar 50 persen sehingga petani dapat sedikit melepaskan ketergantungan penggunaan pupuk urea. WSF yang diproduksi oleh PT Suba Indah Tbk itu mulai dikembangkan tahun 2005. Dari hasil riset dan pengembangannya, WSF hanya dapat dijadikan pendukung terhadap penggunaan urea. Bukan sepenuhnya menggantikan pupuk urea.

Menurut Murdiyanto, Direktur Logistik PT Suba Indah, uji coba ini dilakukan sejak kuartal IV tahun 2005. Uji coba dilakukan di Serang dan Gorontalo. Hanya dalam waktu 100 hari penanaman, hasil produksinya diperkirakan mencapai 10 ton per hektar. Biasanya butuh waktu penanaman 115-120 hari.

Manajer Riset dan Pengembangan PT SI Umar Hasan menuturkan, dengan teknologi ini petani cuma menggunakan pupuk urea 135-150 kilogram per hektar. Tidak lagi 300 kilogram per hektar. Adapun WSF hanya 10 kilogram per hektar.

Akhyar, petani penggarap, mengatakan, WSF ternyata dapat merangsang pertumbuhan dari 20 tangkai menjadi 30-40 tangkai. Bulir-bulir padi menjadi lebih banyak. "Tadinya saya takut memakai pupuk yang aneh-aneh. Takut gagal panen," katanya.

Staf Khusus Departemen Pertanian, Maxdeyul Sola, yang meninjau panen perdana itu menilai WSF dapat menurunkan biaya produksi dan meningkatkan produktivitas. Umur varietas padi pun jauh lebih cepat untuk dipanen, tetapi komposisinya harus tetap diperhitungkan dengan kondisi lapangan. (OSA)



Sumber: http://www.kompas.com/kompas-cetak/0604/18/ekonomi/2589462.htm

Sukses Menjadi Konsultan Kesehatan Bersama Farida Ningsih Seorang Leader Melilea Konsultan Call: 021-73888872
Bisnis Organik Konsultasi Kesehatan Tips Hidup Sehat Melilea

No comments:

Bisnis Beras Organik

Bisnis Beras Organik
Bisnis Beras Organik

organik indonesia

organik indonesia
organic indonesia