Peluang Usaha

Peluang Usaha
Bisnis Beras Organik Indonesia Peluang Usaha Nomer Satu

bisnis beras

bisnis beras
bisnis beras

Sunday, September 30, 2007

Tasikmalaya Siap Jadi Lumbung Padi Organik

Bisnis Beras Organik Indonesia Peluang Usaha Nomer Satu 021-73888872

Tasikmalaya Siap Jadi Lumbung Padi Organik
Petani Padi Organik Harapkan Denpam Area

TASIKMALAYA, (PR).--
Pemerintah hingga saat ini belum bisa memfasilitasi harapan petani untuk membangun denpam area (lahan percontohan dengan skala besar-red) dalam upayanya mengembangkan tanaman organik di Tasikmalaya. Padahal, kehadiran denpam selain akan mendongkrak posisi tawar petani, penerapan teknologi pertanian itu juga akan semakin luas.

Hal itu dikatakan Ketua Kontak Tani dan Nelayan Andalan (KTNA) Kab. Tasikmalaya, H. Saeful Bachri. Menurutnya dengan adanya denpam, petani yang semula masih mengolah sawahnya dengan menggunakan pupuk an-organik akan terpacu untuk menggunakan pupuk organik dalam menanam padi organik.

Ia optimis Tasikmalaya bisa menjadi daerah lumbung padi organik terbesar di Jabar. Dasarnya, selain merupakan salah satu penggagas tanaman itu, sejak dicanangkan budidaya tanaman organik pada tahun 2003, jumlah petani yang mengolah jenis padi itu semakin bertambah.

Sampai tahun 2005 ini, dari lahan seluas 45.000 ha sebanyak 160 ha lahan sudah menanam padi organik. "Pada tahun 2003, saat awal pencanangan, petani yang menggarap padi organik hanya 3 ha saja. Tetapi kemudian bertambah menjadi 160 ha yang tersebar di 34 kecamatan," imbuhnya.

Menurutnya banyaknya peminat pada tanaman itu, mengingat produksi yang bisa dihasilkan sangat menggembirakan dari satu hektare bisa memproduksi 7 ton. Kondisi itu tentunya menarik petani untuk pembudidayaan padi organik. Akan tetapi hal ini kurang sepenuhnya didukung oleh pemerintah dan dinas terkait.

Selain tidak terbangunnya denpam, sambung Saeful, arah kebijakan yang diambil oleh dinas peternakan dalam mendukung pertanian organik dirasakannya masih belum sejalan. Padahal, program-program peternakan semisal dalam pengadaan ternak sangat diharapkan petani organik.

"Karena idealnya, ada tanaman organik disitu mestinya ada peternakan. Agar, kotoran ternak yang merupakan bahan baku vital untuk pembuatan kompos gampang diperoleh. Untuk skala besar, pengadaan kotoran itu jelas sangat sulit dan kalaupun membeli harganya lumayan mahal," ungkapnya.

Perencanaan partisipatif

Di tempat terpisah, Kasie Produksi Padi, Dinas Pertanian Kab. Tasikmalaya, Ir. Sony Prayatna mengakui kalau selama ini harapan membangun denpam area belum terealisasi. "Karena pemerintah menginginkan pembangunan itu dilakukan dengan perencanaan partisipatif yang kemudian didukung pemerintah," ujarnya.

Pihaknya mendukung dicanangkannya Kab. Tasikmalaya sebagai lumbung padi organik terbesar di Jawa Barat 2010. Pihaknya juga mengaku sering melakukan sosialisasi pembelajaran tanaman ramah lingkungan dengan harapan untuk tahun 2005 ini, target minimal 300 ha lahan sawah berpindah mengelola tanaman padi organik.

Ia berjanji akan melakukan koordinasi dengan dinas peternakan maupun perkebunan untuk mengembangkan budidaya itu. "Kami akan minta sebagian program dinas peternakan maupun dinas kehutanan dan perkebunan mendukung berjalannya pertanian organik. Bisa saja, selain mendatangkan ternak untuk petani, dinas kehutanan juga bisa menanam tanaman karikilia sebagai bahan pupuk organik," katanya

No comments:

Bisnis Beras Organik

Bisnis Beras Organik
Bisnis Beras Organik

organik indonesia

organik indonesia
organic indonesia